Jika Tak Mau Kena Batu Ginjal, Hindari 5 Makanan Ini

Ilustrasi batu ginjal.

Organisasi kesehatan terkemuka saat ini semakin khawatir karena terjadi peningkatan jumlah pasien yang menderita penyakit ginjal. Ginjal merupakan organ vital tubuh kita yang sebagian besar bertindak sebagai filter, membuang toksin, dan kelebihan air dari tubuh melalui buang air kecil.

Saat ini, sejumlah orang mengeluhkan tentang batu ginjal. Ini merupakan massa padat yang terbentuk dari kristal yang ada dalam urine. Ini menyebabkan rasa sakit dan sumbatan di jalur saluran kemih.

Jika Anda pernah menderita batu ginjal atau sedang menderita penyakit ini, Anda harus menghindari beberapa makanan berikut ini karena dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Berikut daftarnya.

Kafein/soda
Batasi konsumsi kafein. Anda tidak boleh minum lebih dari 2 cangkir (250-500 ml) kopi, teh, dan minuman dingin dalam sehari. Terlalu banyak kafein memiliki efek yang merugikan dan membuat Anda dehidrasi.


Makanan kaya sodium
Kurangi asupan natrium. Anda harus menghindari makanan olahan dan kalengan, yang mengandung sejumlah besar garam untuk pengawetan. 

Makanan yang mengandung protein
Makanan kaya protein seperti daging dan ikan memang harus dikonsumsi, tapi jangan berlebihan. Anda harus mengonsumsi daging tanpa lemak, yang dimasak dengan sedikit minyak atau direbus. Hindari juga makanan pedas.

Makanan berlemak
Hindari makanan yang mengandung lemak seperti keju. Anda bisa mengonsumsi produk susu rendah lemak. Bahkan, Anda harus minum susu skim untuk sarapan Anda. Hindari makanan berlemak tinggi, karena lemak akan disimpan dan meningkatkan risiko batu ginjal.

Makanan berkalsium
Makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D harus benar-benar dihindari jika Anda menderita batu ginjal. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi minyak ikan atau vitamin D karena dapat berbahaya bagi tubuh jika Anda menderita batu ginjal.

Sumber: Boldsky
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment