10 Kebiasaan Ini Merusak Ginjal Anda

Ilustrasi penyakit ginjal.

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Fungsi utamanya adalah membuang kelebihan racun dari tubuh. Ginjal juga mendetoksifikasi darah dan menyaring produk limbah melalui urine.

Selain itu, ginjal juga membantu mengatur kadar mineral, seperti kalsium dan fosfat dalam tubuh. Ginjal menghasilkan hormon penting yang membantu mengatur fungsi tubuh, seperti tekanan darah dan produksi sel darah merah.

Jadi, sangat penting untuk menjaga ginjal agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, jangan sekali-kali melakukan sepuluh kebiasaan berikut ini karena dapat merusak ginjal Anda.

Konsumsi obat nyeri
Obat nyeri yang dijual bebas memang dapat meredakan rasa sakit dan nyeri, tetapi juga dapat menghancurkan ginjal Anda. Untuk itu, kurangi asupan obat penghilang rasa sakit jika Anda sudah mengonsumsinya secara teratur.

Konsumsi makanan olahan
Makanan olahan penuh dengan fosfor dan sodium. Hasil penelitian menunjukkan, asupan makanan kaya fosfor seperti makanan olahan dapat menjadi ancaman bagi ginjal.

Konsumsi garam berlebihan
Makanan tinggi garam mengandung sodium, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Ini dapat membahayakan ginjal Anda, karena ginjal harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan garam. 


Kurang minum air
Minum banyak air merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal.

Konsumsi daging berlebihan
Protein hewani menghasilkan jumlah asam yang tinggi dalam darah. Ini bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis. Asidosis merupakan suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat mengeluarkan asam lebih cepat. Protein hewani memang diperlukan untuk tubuh, tetapi konsumsi berlebihan bisa berakibat fatal untuk ginjal.

Kurang tidur
Tidur malam yang baik diperlukan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur dan bangun, yang membantu mengoordinasikan ginjal bekerja selama 24 jam.

Asupan makanan tinggi gula
Gula yang ditambahkan pada makanan dan minuman, jika jumlahnya berlebihan, bisa menyebabkan penyakit ginjal.

Jarang buang air kecil
Buang air kecil merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Jika Anda tidak sering buang air kecil, ini bisa berbahaya bagi ginjal. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal dan menimbulkan penyakit ginjal.

Konsumsi alkohol berlebihan
Minum alkohol secara teratur dalam jumlah berlebih dapat menggandakan risiko penyakit ginjal kronis. Peminum berat biasanya memiliki peningkatan risiko masalah ginjal. 

Merokok
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, merokok buruk untuk setiap organ tubuh, termasuk ginjal. Merokok meningkatkan tekanan darah dan detak jantung serta mengurangi aliran darah ke ginjal.

Sumber: Boldsky
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment