Awas, 5 Kebiasaan Ini Merusak Ginjal Anda

Ilustrasi perbandingan ginjal sehat dan rusak.

Dari sekian banyak fungsi ginjal, yang utama adalah filtrasi darah. Selain itu, ginjal juga membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur keseimbangan elektrolit dan buang air kecil. 

Bila ginjal gagal mengeluarkan kotoran dari tubuh, ini akan mempengaruhi ginjal dan fungsinya, akhirnya tubuh Anda mulai membengkak. Bila kondisi ini tidak segera diatasi, akan menyebabkan gagal ginjal, dan satu-satunya solusi hanyalah melakukan transplantasi ginjal.

Anda tentu tidak mau mengalaminya bukan? Untuk itu, kita harus berhati-hati dengan apa yang kita makan, karena apapun yang kita konsumsi akan berefek pada ginjal. Termasuk beberapa kebiasaan buruk berikut ini yang dapat merusak ginjal Anda. 


Kurang minum air
Asupan air telah terbukti menjadi obat mujarab untuk mengatasi banyak masalah, dan salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Ginjal membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, dengan membuang racun dan sodium yang tidak diinginkan dengan asupan air yang cukup.

Konsumsi daging berlebihan
Protein hewani menghasilkan sejumlah besar asam yang sangat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis (kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan kelebihan asam secara efisien). Protein hewani harus diimbangi dengan asupan sayuran hijau dan buah segar. 

Merokok
Umumnya, merokok dikaitkan dengan kerusakan paru-paru atau jantung secara langsung, namun juga berdampak pada kesehatan ginjal Anda. Ini karena, merokok meninggalkan banyak protein dalam urine, yang menjadi ancaman bagi kesehatan ginjal Anda.

Makanan olahan
Tingginya mineral seperti fosfor dan sodium pada makanan olahan secara langsung berbahaya bagi ginjal. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan ginjal untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit.

Kurang tidur
Anda harus tidur nyenyak setidaknya 6-8 jam. Karena selama tidur, tubuh akan melakukan banyak pekerjaan, dan yang terpenting adalah melakukan pembaruan jaringan organ. Kurang tidur akan menyebabkan degenerasi ginjal, peningkatan tekanan darah, dan penurunan kesehatan.

Sumber: Boldsky
Loading...
loading...

0 komentar:

Post a Comment